Wisata Batu Cening Cerita Legenda Rakyat Batu akan Berbunyi jika dipukul "ning-ning"

Wisata Batu Cening Cerita Legenda Rakyat

Di Desa Pendabah terdapat sebuah batu besar yang dinamai batu cenning. Batu tersebut berwarna putih ke abu-abu an dengan bentuk yang setengah bulat. Posisi dari batu tersebut terletak diatas batuan batuan lainnya. Alasan batu tersebut dinamai batu cenning karena apabila batu tersebut diketuk maka akan berbunyi ning-ning. Namun anehnya batu yang menopangnya dan batu batuan lainnya tidak mengeluarkan bunyi yang sama seperti batu cenning.

Adanya batu ini tak lepas dari cerita legenda yang ada di masyarakat setempat. Menurut dari buku Mortheka yang ditulis oleh Iqbal Nurul Azhar, batu cenning konon katanya dibawa oleh Lang Deur, Seorang raksasa bhuto ijo. Dia membawa batu tersebut atas perintah seorang raja besar di Pulau Jawa dari bagian timur jawa untuk dibawa ke seorang empu yang berada di Pamekasan, Madura. Singkat cerita dengan tubuh nya yang besar, bhuto ijo menyanggupi perintah tersebut untuk membawa batu mustika tersebut. Ia membawa batu tersebut melewati gunung, lembah dan selat Madura dengan mudah. Namun terjadi hambatan dalam perjalannya setelah melewati selat Madhura. Batu tersebut lama kelamaan bertambah besar dan berat. Waktu yang ternyata tinggal 1 hari lagi membuat ia pun bergegas dengan berlari. Namun pada saat sampai di bukit karang yang terletak di perbatasan Kecamatan Socah dan Kamal, terdapat sebuah makam yang disebut Makam Cempah atau Cempaka. Konon katanya makam tersebut memiliki kekuatan magis seperti magnet. Batu yang dibawa bhuto ijo pun semakin berat dan saat ia melompati bukit kapur tersebut batu itu pun jatuh dan meluncur ketanah membentur batuan karang yang akhirnya membuat batu tersebut terbelah dua.

Cerita dari batu cenning ini sangat melegenda bagi masyarakat sekitar. Bahkan konon katanya apabila batu tersebut dibunyikan, maka bunyi nya dapat terdengar sampai lebih dari 10 kilometer. Selain ceritanya yang menarik, pemandangan batuan kapur disekitarnya juga sangatlah indah. Hal ini membuat nya menjadi daya tarik yang bisa dimaanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Posting Komentar

0 Komentar