Galang Donasi oleh Mahasiswa KKN 45 UTM untuk Mushola dan Masjid di Desa Pendabah

 Penggalangan Dana oleh Mahasiswa KKN 45 UTM 2022-2023


Al Qur’an merupakan mukzijat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yang hingga saat ini masih ada. Al Qur’an memiliki keutamaan bagi pembacanya juga bagi muwakif (orang yang berwakaf al Qur’an). Untuk itu, KKNT 45 utm mengajak Para Dermawan untuk berwakaf Al Qur’an maupun Uang yang akan di salurkan berupa beberapa Tikar dan Alquran  ke beberapa TPQ dan Masjid. 


Taman pendidikan Al- Qur’an TPQ sendiri adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non-formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran Al- Qur’an, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia sekolah dasar. 8 Pendidikan yang menanamkan keimanan dan ketakwaan yang berintikan pada ajaran Al- Qur’an, hanya dengan inilah generasi mendatang bisa diselamatkan. Dan memang Al- Qur’an adalah merupakan obat yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit moral, salah satu cara untuk menanamkan keimanan, keislaman dan ketakwaan sejak dini adalah memberikan pelajaran membaca Al- Qur’an sejak anak masih kecil. Karena penanaman kecintaan terhadap Al- Qur’an dan sekaligus juga kemampuan membacanya dengan baik dan benar adalah merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, maka perlu dicarikan suatu metode yang bisa mempermudah dan mempercepat anak supaya mampu membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar.


Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sangat berperan dalam mendidik dan melahirkan generasi muslim yang cinta dan mengamalkan ajaran Islam yang sesuai dengan syari’ahnya dan diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat serta mampu menghadapi era globalisasi saat ini.


Melihat banyaknya TPQ yang berada di desa pendabah ini maka dari itu mahasiswa kkn 45 utm bermaksud untuk membantu dengan menyalurkan Donasi berupa Alquran dan Tikar untuk menunjang pembelajaran alquran. Dalam penggalangan dana itu sendiri Melalui Penyebaran Poster Penggalangan dana yang disebar pada Grup masing-masing mahasiswa.  Yang mana penggalngan itu sendiri Mulai dibuka sejak tanggal 6 Januari 2023 dan di tutup pada tanggal 13 Januari 2023 dengan Total dana senilai 2.952.000 (Dua Juta Sembilan Ratus Dua Ribu). Sejumlah dana yang telah terkumpul dari para donatur akan disalurkan berupa Alquran Sejumlah 159 dan 7 Tikar ke 14 titik yang mana di setiap titik pembagian akan diberikan 10 Alquran (7 Kecil dan 3 Besar) serta tikar ke beberapa tempat yang dirasa kurang. Banyaknya dana yang terkumpul menunjukkan seberapa besar Kepedulian Orang orang terhadap pendidikan Alquran yang berada di desa pendabah ini. Panjang Umur orang-orang baik.


Posting Komentar

0 Komentar